5.3.09

Broken heart syndrome

Ngga, saya bukan lagi menye-menye mode ON.

Minggu lalu, saya nonton filem seri House, M.D. season 3 episode 11, tentang seorang pemadam kebakaran bernama Derek yang ngalamin 2 kali serangan jantung. Setelah dirunut, dua kejadian itu punya 1 kesamaan: Derek lagi dijenguk Amy, rekannya sesama pemadam kebakaran. Di depan tim Dr. House, Derek ngaku klo dia dari dulu suka sama Amy, tapi dia ngga bisa ngungkapin karna Amy adalah tunangan kakak Derek. Tim Dr. House berkesimpulan bahwa Derek terkena Broken Heart Syndrome (Takotsubo Cardiomyopathy), yakni gagal jantung akibat otot jantung yang tiba-tiba melemah. Melemahnya otot jantung ini bisa disebabkan oleh stres secara emosional, misalnya kematian orang yang dicintai, hence the name: Broken Heart Syndrome.

Derek ngga bisa memiliki Amy, sementara tiap ketemu Amy dia (beresiko) kena serangan jantung. Tim Dr. House berunding, dan ketemu solusinya: semua memori Derek tentang Amy harus dihapus. Dzing, di sini ingetan saya balik ke filem Eternal Sunshine of the Spotless Mind, salah satu filem paling romantis yang pernah saya tonton. 

Di Eternal Sunshine, Kate Winslet & Jim Carrey bermain jadi sepasang kekasih. Pada suatu titik dalam hubungan mereka, Winslet merasa ngga bahagia, dan memutuskan untuk menghapus semua kenangan tentang Carrey, termasuk tentang kisah cinta mereka. Di filem itu digambarkan ada perusahaan yang khusus menyediakan jasa penghapusan memori (termasuk "pelenyapan" barang/memorabilia yang berhubungan dengan orang/kejadian yang akan dihapus). Prosedur yang dilakukan cukup sederhana, yakni terapi kejut listrik untuk menghapus bagian-bagian memori yang tidak diinginkan, dan ngga menyentuh bagian memori yang lain. 

Dulu saya pikir filem Eternal Sunshine murni fiksi, ternyata beneran ada ya terapi kejut listrik untuk ngobatin penyakit kejiwaan, termasuk menghapus memori yang mengancam jiwa seseorang. Tapi mungkin kita ngga bisa milih, mana memori yang disimpan dan mana yang dihapus. Klo gitu mah enak benerrr, tiap ada kejadian buruk (atau ketemu orang yang rese) tinggal diapus aja memorinya, hehehe...


0 komentar:

ShareThis

 
template by suckmylolly.com