8.11.06

JakJazz Fever

JakJazz 2006
Jumat, jam 6.30PM. Seperti biasa, saya udah duduk manis menghadap stage di food court Pasar Festival, Kuningan. Ngga berapa lama, satu-persatu familiar faces muncul untuk sound check. Hari ini semua personel band kompakan pake kaos oblong hitam dengan tulisan JakJazz di seluruh permukaannya. Bagus. Tapi ada satu wajah baru yang hadir, wah! Hari ini Ireng Maulana dateng Om Ireng bilang, mulai minggu ini beliau akan ngisi Jazzy Friday sebagai salah salah satu rangkaian JakJazz Fever.

Sebelum masuk ke jazz session, ada games kecil-kecilan. Saya dapet hadiah kaos polo JakJazz karna berhasil nebak judul lagu yang dibawain (Tea for Two). Hahahaha, I was nervous waktu nerima hadiah dan dikasih high five sama Om Ireng. He's a legend, a true entertainer. Jazzy Friday memang selalu menghibur, tapi untuk edisi minggu ini, kadar menghiburnya naik 2x lipat! Ditambah "bantuan" Didik SSS, terutama waktu Jackie "Jarreau" nyanyiin lagu Moody's Mood for Love, superb!

Sesudah nerima suvenir JakJazz dari Om Ireng, saya jadi mikir, apa saya harus nonton JakJazz? Jujur, saya dari awal ngga terlalu suka the idea of watching a jazz concert dalam posisi berdiri. Saya lebih suka nonton jazz dengan duduk manis di kafe atau gedung pertunjukan, makanya saya ngga pernah mau nonton Java Jazz. Emang sih, food court PasFest ngga bisa masuk kategori tempat yang OK untuk nikmatin Jazz, tapi yang jelas dia nyediain tempat duduk, dan penontonnya kondusif banget, ngga noisy maupun tepuk tangan di bagian-bagian yang ngga perlu

Sahabat saya bilang, saya mikir gitu karna saya blom pernah ngalamin. Mungkin juga sih, karna "standing" concert yang pernah saya datengin cuma konser band-band pop / rock kayak Dewa, Coklat, Gigi, Padi, dan sebagainya. Sama sekali ngga bisa dibandingin sama konser Simak Dialog di Graha Bhakti Budaya

Second questionnya adalah, saya mo pergi sama sapa? Saya blom nemu partner yang pas buat sharing the experience. Hahahaha, my stupid-perfectionist-self, nonton konser aja musti sama "teman yang tepat". For that question, sahabat saya langsung "nampar" pake kata-kata pedesnya: "Sejak kapan lu harus bergantung sama orang lain? If you want to go, then go, ngga perlu nunggu ada temennya dulu. Issue utamanya adalah, lu mau nonton apa ngga?"

Sahabat yang aneh, yang klo saya lagi down, instead of saying nice things to comfort me (kayak sahabat-sahabat saya yang lain), dia malah slap me in the face by telling me how stupid I was: "25 taun and you still fall for that? Apa gunanya selama ini elo nonton Sex and the City?"

But, as always, maybe he's right. Klo nanti saya memutuskan untuk nonton, maybe saya akan go for it, no matter what.



5 komentar:

Chica Paramita said...

sebenernya nonton konser jazz sambil berdiri enak juga kok. karena penonton jazz jauh lebih santun dari penonton rock/pop. jadi nggak akan berasa desek-desekan.

anyway, gue sendiri ilfil sama jakjazz taun ini karena line up artisnya berubah terus. terakhir gue denger rippingtons + eric marienthal dibatalin, dan diganti sama selena jones :(

Adinda Erisyanita said...

hmmm... mungkin gw harus nonton JGTC dulu ya Chic, buat pemanasan sebelum the real festival.

yup, emang masih berubah. nama-nama artis yg udah terlanjur kecantum di brosur & posternya ditutup pake lakban & spidol item :D

Bambang laresolo said...

Kalau justru lebih suka suasana Jakjazz yang benar-benar kayak pasar Jazz. Pindah panggung dengan leluasa, tanpa harus melihar antrean ular yang panjang macam di Java Jazz. Pada jaman dulu, masing-masing panggung di design berbeda dan untuk aliran jazz yang berbeda. Entah sekarang. Kekurangannya JakJazz tahun ini adalah tiketnya yang supermahal. Harganya hampir sama dengan JavaJazz. Jazz makin eksklusif aja rasanya.

Kalau mau test dengan nonton JGTC jangan-jangan malah kapok. Soalnya JGTC, dari dulu tempatnya segitu-gitu aja, tetapi penontonya makin membludag. Bergerak aja susah.

Dipo Prasetyo said...

Gw sendiri bukan penganut jazz fanatisme, tp msh bisa nikmat in walopun kadang2 bikin pala puyeng kl ga selalu match selera mood nya... terus terang, jakjazz life di pasfes itu cukup hidup ko... maklum mm itu t4 atu2nya yg bs duduk manis nonton gratiz sambil beli makan/minum yg cukup beragam (selama yg gw tau di jakarta, kl di yogya or bali mungkin buanyak kali)... aq pikir kayak perlu diperbanyak theme2 spt ini, jd yg terkesan bukan ekslusif tp justru menyampaikan image budaya sebagai salah atu kerja untuk jati diri bangsa... yah mm tiketnya cukup mahal utk ukuran kantong kuli rendahan model gw, tp kl mm ud mupeng ya go for it la... mm ada hubungan nya dg nonton Sex and the City gitu?

Adinda Erisyanita said...

sebenernya sih ngga ada :)

ShareThis

 
template by suckmylolly.com