20.10.06

A Tale of Two Chairs

Dinner pertama saya dengan pacar (sekarang sudah mantan), saya diberi tahu mengenai aturan tentang seating arrangement. Menurut dia, status dari dua orang yang sedang makan bersama bisa dilihat dari posisi duduk mereka: berhadap-hadapan untuk yang just friends atau masih pdkt, dan bersebelahan untuk sepasang kekasih. Saat itu kami, tentu saja, duduk bersebelahan.

Sejak itu setiap makan di luar, saya sering memperhatikan posisi duduk orang-orang di sekitar saya, sambil menebak-nebak apakah mereka couples atau sekedar teman. Yang agak sulit adalah jika meja makan memang didesain untuk dua orang dan posisi kursinya berhadap-hadapan, saya harus pakai deduksi aja :)

Sejauh pengamatan saya, kayaknya ngga semua orang bersikap sejalan dengan unwritten rule ini. Ada orang yang saklek, ada yang agak longgar, ada juga yang kayaknya ngga tau *atau pura-pura ngga tau?*

Saya sempat sebel sama orang yang saklek waktu kami lagi makan di Celcius, Plasa Semanggi. Kursi Celcius tuh bentuknya sofa single yang rendah banget, jadi posisi meja di atas dada. Klo kami duduk berhadapan, saya yakin ngga akan bisa ngobrol karna sofa & mejanya gede, jadi saya ambil inisiatif untuk duduk di sebelah dia. And guess what? Dia malah pindah duduk ke seberang saya. Hahahaha, saking betenya saya waktu itu langsung ambil koran aja. Jadi selama nunggu makan, saya baca koran dan dia ngutak-ngatik PDA-nya, sementara waktu makan, kami juga hampir ngga ngobrol sama sekali. Ngga worth it, wong suara kami terbenam sama mp3 yang disetel di dalem resto.

Ada juga yang ngga tau, mau posisi kursinya enak-ngga enak, teuteup aja duduk di sebelah saya. Mungkin karna saya helplessly adorable *narsis mode ON*, tapi saya lebih mikirnya sih karna dia lebih nyaman duduk deketan, supaya ngobrolnya enak.

Yang paling OK tentunya yang ikut aturan, tapi agak longgar. Dalam kondisi standar, sang sahabat akan duduk berseberangan dengan saya. Tapi, untuk kondisi ekstrim *contohnya di Celcius tadi*, dia akan duduk di sebelah saya. Komunikasi bisa berjalan lancar, dan kami berdua sama-sama senang. Win-win solution laaah...

Dalam prakteknya, saya ngga seratus persen ngikutin aturan ini. Klo sama pacar sih OK lah ya, pasti duduk sebelahan (kecuali kursinya ngga memungkinkan), tapi di luar itu ya tergantung mood. Untuk teman yang udah deket banget, saya biasa lebih prefer duduk sebelahan, biar ngobrolnya seru. Tapi klo belom terlalu kenal atau lagi ngga mood ngobrol *which is veeeeery seldom :p*, saya pilih duduk berhadapan aja.



2 komentar:

Dipo Prasetyo said...

ah ga jaminan lah... gw aja kl makan sebisa mungkin cari posisi strategis... pokoke ga kena asap rokok ato deket wc/toilet (bau nya kadang mengganggu selera)... kl taktik strategi duduk mah liat sikon, biasa nya kl ada tv/live music biasanya bersebelahan... tp kl mm ga ada yg bs dilihat, ap lg kangen ngeliatin wajah nya enakan seh hadapan2... biar natap mata nya langsung, tanpa harus grepe2 khan... hehehehe... bener ga seh?

Adinda Erisyanita said...

dip dip, hari ini masih puasa dip. ngga boleh ngomong grepe2an :D

ShareThis

 
template by suckmylolly.com